Pelayanan di Samsat Sidoarjo Kota Tak Hanya Sekadar Administrasi, Tapi Bentuk Kepedulian dan Humanisme Aparat

๐Ÿ„ป๐Ÿ„ธ๐Ÿ„ฟ๐Ÿ…„๐Ÿ…ƒ๐Ÿ„ฐ๐Ÿ„ฝ ๐Ÿ…‚๐Ÿ…„๐Ÿ…๐Ÿ„ฐ๐Ÿ„ฑ๐Ÿ„ฐ๐Ÿ…ˆ๐Ÿ„ฐ Neอคwsอ› – Sidoarjo, Pelayanan di Samsat Sidoarjo Kota kembali menuai apresiasi publik. Bukan hanya karena kecepatan dan ketepatan proses administrasi, tetapi juga karena sentuhan humanis dan kepedulian petugasnya terhadap masyarakat. Salah satu contohnya datang dari Aipda Chusairi, petugas yang sigap membantu seorang Wajib Pajak (WP) bernama Mas Ilur yang tampak kebingungan dalam proses pengurusan pajak lima tahunan kendaraan bermotor, Senin (7/10/2025) di kantor Samsat Sidoarjo Kota, Jl. Raya Cemeng Kalang No.12, Ngemplak, Sidoarjo, Jawa Timur.

Saat melihat Mas Ilur kebingungan mengisi berkas dan menyiapkan dokumen, Aipda Chusairi tak tinggal diam. Ia segera mendekat, memberikan arahan, sekaligus memastikan agar WP tidak terjebak oleh praktik percaloan yang kerap mengintai di luar kantor pelayanan.

SIMAK JUGA   Heppy Wedding Moch. Revangga & Dia Ayu Putri Pitaloka: Dua Hati Bersatu Dalam Ikatan Suci, Menuju Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

Tak hanya itu, Aipda Chusairi juga memerintahkan dua Pegawai Harian Lepas (PHL), yakni Mbak Putri dan Mas Azis, untuk membantu dan mengawal proses pelayanan hingga tuntas. Dengan ramah dan sopan, kedua PHL itu mempersilakan Mas Ilur duduk dengan tenang sambil menyiapkan berkas yang dibutuhkan.

Bacaan Lainnya
SIMAK JUGA   Operasi Tumpas Semeru 2025, Polres Madiun Kota Tetapkan 7 Tersangka , Amankan 1 Kg Ganja dan 15,91 Gram Sabu
LIPUTAN SURABAYA

Hanya dalam waktu satu jam, seluruh proses administrasi pajak lima tahunan kendaraan milik Mas Ilur selesai dengan lancar. Tak heran, wajah lega dan puas tampak jelas di raut wajahnya.

โ€œSaya benar-benar terkesan. Pelayanan di Samsat Sidoarjo Kota sangat cepat, petugasnya ramah dan sopan. Saya tidak merasa direpotkan, semuanya dibantu dengan baik,โ€ ujar Mas Ilur usai menerima berkasnya.

Kepala Samsat Sidoarjo Kota melalui petugasnya menyampaikan bahwa pelayanan yang dilakukan jajaran Samsat bukan sekadar urusan administrasi semata, tetapi wujud nyata dari semangat pelayanan publik yang humanis, profesional, dan berintegritas.

SIMAK JUGA   Aksi Besar-Besaran Polisi di Bangkalan, Kades Lembung Gunong Buron Kasus TPPU Narkoba

โ€œSetiap masyarakat yang datang harus merasa aman, nyaman, dan terbantu. Itulah prinsip kami di Samsat Sidoarjo Kota,โ€ tegas salah satu petugas.

Langkah sederhana seperti yang dilakukan Aipda Chusairi menjadi cerminan bahwa pelayanan publik yang baik tidak hanya diukur dari kecepatan, tetapi juga dari ketulusan dan empati. Di Samsat Sidoarjo Kota, masyarakat bukan sekadar dilayani โ€” mereka dihargai dan dipedulikan. (Tp)

Pos terkait