Liputan Surabaya โ Krian Sidoarjo, Pengoptimalan kinerja dan layanan yang di lakukan seluruh petugas di setiap kantor Samsat di Jawa Timur bagi para wajib pajak kendaraan bermotor roda dua dan empat
Faktanya pengoptimalan tersebut menambah beban kuota layanan di setiap kantor Samsat di karenakan adanya program pemutihan yang di laksanakan sejak tanggal 01 Oktober hingga 30 November 2024, Akan tetapi kejadian tersebut sangat memberi manfaat keuntungan secara ekonomis, dan kemudahan bagi masyarakat di antaranya adanya, pembebasan biaya balik nama, bebas sanksi denda administrasi, bebas PKB progresif dan bebas denda swdkllj.
Pengoptimalan layanan cepat,tanggap dan memberi kemudahan dalam setiap pelayanan yang ada juga di lakukan kantor Samsat Krian yang terletak di jalan Raya Kemasan No.17, Kemasan, Kec. Krian, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.
“Sejak sebelum adanya program pemutihan yang di adakan pemerintah provinsi Jawa Timur, kantor Samsat Krian kesehariannya hanya melayani sekitar 200 hingga 260 wajib pajak setiap harinya, kini sejak adanya program tersebut kuota pelayanan wajib pajak mengalami peningkatan sebesar 50% lebih, setiap harinya kantor Samsat tersebut menerima 350-450 lebih wajib pajak. Untuk itu kami berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang antusias dalam pembayaran pajak kendaraan mereka.โ Ungkap Aiptu Heri salah satu anggota atau petugas kantor Samsat Krian saat ditemui awak media ini pada Sabtu (19/10/2024)
Berbagai persiapan dan kesiapan para petugas pun jauh hari sebelumnya telah di berikan arahan oleh pimpinan, Soal teknis pelayanan cepat, tepat, tanggap dan mempermudah dalam setiap pelayanan. Dan kami berusaha keras walaupun Petugas bagian cek fisik kendaraan roda dua atau roda empat yang kami miliki hanya sebanyak lima orang, namun mereka bekerja seoptimal mungkin di karenakan setiap pengurusan di Samsat semuanya kan di awali dari pengecekan fisik unit kendaraan oleh petugas tersebut, baru setelahnya akan di lakukan verifikasi data kendaraan oleh petugas loket cek fisik dan selanjutkan ke loket loket lainnya,โ tambah Heri .
Fokus kecepatan kinerja dan layanan yang di berikan kantor Samsat Krian Sidoarjo sangat memberi kepuasan.
Pada saat awak media mencoba mewawancarai masyarakat di sekitar Samsat krian Sidoarjo mengatakan sejak adanya program ini beliau sangat senang dan puas karena pelayanan di sini, Salah satunya saat melakukan cek fisik kendaraan roda dua nya, Antrian nya tidak lama cuma kurang lebih hanya 2 menit, dan di setiap loket pun ga lama antri nya asalkan segala persyaratan yang di bawa lengkap sesuai prosedur, Bahkan mendapat kemudahan dan nol rupiah atau tidak ada tarikan pungutan apapun semua benar benar sesuai apa yang tertulis di benner program pemutihan yang memang gratis.
Aiptu. Heri menambahkan “intinya kami sebagai petugas sangat senang melihat antusias masyarakat dalam memenuhi kewajibannya sebagai wajib pajak. Dan kami pun setiap harinya selalu berusaha sepenuhnya dan seoptimal mungkin memberikan pelayanan terbaik serta kemudahan kemudahan dan juga memberikan petunjuk bagi masyarakat saat menemui kendala saat melakukan pengurusan dokumen kendaraannya.”
Penulis : Musthofa
Editor : Andik