๐ป๐ธ๐ฟ๐ ๐ ๐ฐ๐ฝ ๐ ๐ ๐ ๐ฐ๐ฑ๐ฐ๐ ๐ฐ Neอคwsอ – Surabaya, 9 April 2023 – Direktur Bisnis dan Kurir Logistik Pos Indonesia, Siti Choiriana kembali meninjau pendistribusian bantuan pangan beras di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (9/4/23). Sebanyak 1.163 ton beras akan didistribusikan ke 163.137 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 154 kelurahan di Surabaya.
“Dengan segudang pengalaman yang dimiliki oleh setiap armada serta personil yang bertugas dalam pendistribusian, Kami optimistis pendistribusian bantuan pangan beras tahun ini bisa selesai sebelum Idul Fitri. Kami akan terus kawal pendistribusian ini agar bisa diterima oleh KPM dalam kondisi prima,” ujar Siti Choiriana saat ditemui di Kantor Pos Kebonrojo, Surabaya, Jawa Timur.
Program Bantuan Pangan Beras merupakan kegiatan yang diadakan oleh pemerintah sebagai upaya untuk menangani kerawanan pangan, stunting, kemiskinan, hingga mengendalikan dampak inflasi. Terdapat 213.530 ton beras yang akan diberikan kepada lebih dari 21,3 juta KPM. Dari jumlah tersebut, Pos Indonesia menerima alokasi 13 juta KPM.
Lebih lanjut, Pos Indonesia telah menyiapkan dashboard dengan format waktu secara real time dalam proses pendistribusian untuk memudahkan pemantauan pendistribusian bantuan pangan beras. “Dimulai dari beras keluar dari Gudang Perum Bulog, kami telah menyiapkan sistem tracking dan tracing. Jadi, posisi serta rute transit armada Pos Indonesia dapat terlihat,” papar perempuan yang akrab disapa Ana.
Pendistribusian bantuan pangan beras ini beras ini akan dilakukan secara tiga tahap, yaitu dari akhir Maret hingga Mei 2023. Lebih lanjut, Ana menjelaskan bahwa akan terdapat penambahan foto dengan geotagging rumah penerima KPM sebagai bentuk verifikasi terhadap keadaan perekonomian, posisi, dan situasi penerima di wilayah tersebut.
Siti choiriaba berharap upaya yang dilakukan oleh Pos Indonesia dalam menyalurkan Program Cadangan Pangan Pemerintah ini berjalan lancar dan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok.
“Semoga program bansos ini tersalurkan dengan lancar tanpa ada kendala dan dapat dipergunakan oleh para Keluarga Penerima Manfaat sebaik mungkin,” pungkas nya
Sebelumnya PT Pos Indonesia (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang jasa kurir dan logistik, jasa keuangan, serta properti. Didirikan pada tanggal 26 Agustus 1746.
PT Pos Indonesia (Persero) menjadi salah satu BUMN tertua di Indonesia. Dalam melaksanakan pelayanan pos di Indonesia, perusahaan ini membaginya ke dalam enam daerah atau regional.
Pembagian regional tersebut mencakup seluruh provinsi yang ada di Indonesia, yakni 42 Kantor Cabang Utama, 168 Kantor Cabang, dan 4.308 Kantor Cabang Pembantu.
Seiring zaman yang makin modern, transformasi digital pun diterapkan oleh PT Pos Indonesia pada layanannya. Adapun layanan digital yang ditawarkan oleh perusahaan yang berlogo burung merpati ini, yaitu Pos Aja! yang merupakan aplikasi jasa pengiriman yang berbasis digital courier dan Pospay, aplikasi layanan keuangan gabungan dari transformasi digital produk kantor pos dan giro.
Saat ini, PT Pos Indonesia memiliki tiga anak perusahaan, yaitu Pos Logistics yang bergerak pada bidang bisnis logistik, Pos Properti yang mengurus sektor perhotelan dan bisnis konstruksi properti, dan Pos Fin, layanan yang bergerak di bidang jasa keuangan berbasis teknologi. ( Andik )